Monday, November 22, 2010




Apa yang ada dalam bayangan Anda seperti apa keluarga bahagia itu?
Apa saja ya syarat-syarat untuk mewujudkan keluarga bahagia?

Di masyarakat Indonesia saat ini, peran ibu rumah tangga sering dikecilkan. Ini karena ibu rumah tangga dianggap tidak berkontribusi dalam perekonomian keluarga. Akan tetapi, Anda bisa melihat bagaimana keluarga tanpa peran ibu rumah tangga yang baik. Tanpa disadari, ibu rumah tangga memegang peranan penting dalam pembangunan bangsa yang tidak selalu bisa diukur dengan satuan rupiah.


Menjaga Kesehatan Keluarga

Memasak, mencuci, dan membersihkan rumah, merupakan sebagian dari sekian banyak tugas ibu rumah tangga. Masakan yang sehat dan lingkungan tempat tinggal yang bersih tentunya menjadi kunci kesehatan bagi siapa saja.


Menjaga Keselamatan Keluarga

Akhir-akhir ini tentu anda sering mendengar berita mengenai penculikan atau penyiksaan anak. Padahal anak sedang berada dalam lingkungan rumah sendiri. Penculikan atau penyiksaan anak ini bahkan kerap dilakukan oleh pengasuh anak itu sendiri.

Dengan adanya ibu di rumah, orangtua tidak perlu cemas akan keselamatan anak. Akan tetapi ibu juga tidak boleh lengah dan harus tetap waspada dan tidak meninggalkan anaknya, terutama yang masih kecil, sendirian di tempat yang kurang aman.


Menanamkan Budi Pekerti yang Baik

Salah satu peran ibu rumah tangga yang penting lainnya adalah menanamkan budi pekerti yang baik kepada anak-anaknya sejak dini. Pemberian contoh dengan menjadi teladan yang baik adalah salah satu cara yang dapat diterapkan ketika anak masih selalu berada di rumah.

Begitu anak mulai bersekolah atau bersosialisasi dengan anak-anak lain yang seumur dengannya, ibu harus memberi perhatian lebih. Waspadai adanya teman yang mengajak untuk melakukan hal yang kurang baik. Sebaiknya ibu juga mengenal teman-teman sang anak.


Memberi Pelajaran Tambahan di Luar Sekolah

Masyarakat sering berpendapat adalah rugi jika perempuan sudah bersekolah tinggi, namun ketika telah mempunyai anak hanya menjadi ibu rumah tangga. Di sinilah peran penting ibu rumah tangga yang cerdas dan memiliki latar belakang pendidikan yang tinggi. Kurikulum pelajaran sekolah akhir-akhir ini semakin sulit. Subjek yang dahulu ibu pelajari di bangku SMA, telah dipelajari anaknya yang masih SMP atau bahkan SD.

Dengan adanya ibu di rumah yang mendampingi belajar, anak tidak perlu berlama-lama menunggu ayahnya pulang kerja untuk menyelesaikan tugas sekolah. Orangtua juga tidak perlu membayar mahal les tambahan di luar sekolah. Anak menjadi lebih aman karena tidak perlu keluar rumah. Ini bahkan bisa menjadi peluang bisnis bagi sang ibu.


Mengatur Keuangan Keluarga

Ibu rumah tangga juga berperan menjaga agar semua kebutuhan tercukupi dengan penghasilan yang ada, tanpa lupa menabung. Para ibu rumah tangga hendaknya tidak mengecilkan diri dengan tidak menjalankan peranannya. Tunjukkan bahwa anda adalah aset penting keluarga.


No comments:

Post a Comment